Thursday 28 June 2012

MOTOR DKW


J.S.Rasmussen (1878-1964) seorang Engenier berkebangsaan Denmark bersama seorang temannya tiba di Saxoni pada tahun 1916 dan mendirikan sebuah Perusahaan bernama “Zschopauer Maschinenfabric”. Awalnya mereka memproduksi kendaraan bertenaga uap ber-merk “DampkraftWagen” .Baru setelah itu Ditahun 1919 perusahaan ini mecoba menciptakan sebuah mesin kecil 2-tak- yang dapat dipasang secara “clip-on” di sepeda ,dengan menggunakan kulit sebagai pengingkatnya. Mesin-Mesin ini mereka beri nama“Das Knaben Wunder”
Tahun 1921 “Zschopauer Maschinenfabric” berganti nama menjadi “Motorenwerke Rasmussen”, pada tahun 1922 mereka memproduksi Motor pertama mereka “Das Kline Wunder” dan setelah itu Perusahaan ini berkembang dengan cepat. Inovasi berikutnya berupa pembuatan sasis dengan system “press-steel-frames” memungkinkan DKW berproduksi secara Massal . Mereka menjadi salah satu perusahaan kendaraan Motor terbesar Dunia.. .Di tahun 1929 kapasitas produksi “Motorenwerke Rasmussen” diperkirakan mencapai 60.000 unit pertahunnya.















Bagi para penggemar motor klasik… nama DKW mungkin udah nggak asing lagi..!!! Bahkan penggemar motor klasik DKW di Indonesia… sampai memburu partznya entah di Indonesia atau di Luar Negeri…!!! Dampf Kraft Wagen (DKW) pabrikan motor dan mobil di Jerman yang didirikan pada tahun 1916. Tahun 1919 bikin engine 2 stroke, yang disebut Das Knaben Wunsch (singkatan DKW juga.. yang berarti hasrat cowok)…!!! Dan di tahun 1930, DKW sudah sukses dan menjadi pabrikan motor terbesar di Dunia…!!! Di tahun 1932, DKW merger dengan Audi, Horch, dan Wanderer membentuk Auto Union…!!! Dan ditahun 1957 Auto Union ini dibawah kepemilikan Daimler-Benz…!!!




0 comments:

Post a Comment